Kalkulator Index Prestasi Kumulatif (IPK)

 Kalkulator :  Menghitung IP
Status IPK   :   KBK  :  
N. Lama N. Baru Kredit
MTK 1
MTK 2
MTK 3
MTK 4
MTK 5
MTK 6
MTK 7
MTK 8
MTK 9
MTK 10
      IP Kumulatif  :  
© 2010, Labkom - Feup, Evrsoft Fp.

 [1]   Menghitung IP :  Inputkan  N.Baru dan Kreditnya
 [2]   Menghitung Perubahan IPK :
        - Inputkan  Status - IPK dan Kredit Beban Kumulatif
        - Inputkan  N.Lama, N.Baru dan Kreditnya
 [3]   Status - IPK dan KBK dapat diperoleh dari FHS




Penggunaan Kalkulator IPK


Gbr - Menghitung IPA. Menghitung IP

Inputkan Nilai yang diperoleh beserta Kreditnya ke kolom N.Baru dan kolom Kredit. Kemudian Klik Tombol Hitung. Hasil perhitungan dapat di lihat pada bagian bawah Form - IP Kumulatif. Apabila akan menghitung lagi, sebelumnya Klik terlebih dahulu Tombol Resetnya. Sebagai contoh Lihat Gambar 1, disamping ini.


B. Menghitung Perubahan IPK

Fasilitas ini dapat digunakan untuk melakukan SIMULASI perhitungan IPK yang akan diperoleh. Misalnya saudara mengikuti Remidial 2 Mata Kuliah (MTK) dengan Nilai Awal dua-duanya D dan Kredit keduanya 3 SKS. Seandainya setelah Remidial, hasilnya C dan B, berpakah IPK yang diperoleh ? bagaimana kalau dua-duanya dapat B ? dan seterusnya.  Contoh lain, saudara dapat mencoba menghitung IPK yang akan saudara peroleh, dengan Skenario "SEANDAINYA"  terhadap Mata Kuliah yang saudara ambil (FRS).


Gbr. Status IPK dan KBKSebelum SIMULASI dimulai, harus diketahui terlebih dahulu Status IPK dan KBK (Kredit Beban Kumulatif)-nya. Hal ini dapat diperoleh dari Daftar Hasil Studi (FHS). Daftar Hasil Studi dapat di akses melalui Menu Mahasiswa pada website Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan. Dari FHS tersebut, Lihat bagian bawah form ( Lihat Gambar 2 ). Kemudian Inputkan IPK dan KBK-nya pada baris Status.


Gbr. Perubahan IPKSelanjutnya Masukan Nilai Lama (N.Lama), Nilai diperoleh (N.Baru) dan Kreditnya. Sebagai Contoh :  Ada 4 Mata Kuliah (MTK) yang di ambil - FRS, dengan perincian  :  2 MTK Baru dengan Kredit 3 sks, 1 MTK Baru dengan Kredit 2 sks dan 1 MTK Mengulang dengan Nilai D dan Kredit 3 sks. SEANDAINYA, setelah Ujian Akhir Semester (UAS) diperoleh Nilai sbb : 2 MTK Baru dengan Kredit 3 sks Nilainya A dan B, 1 MTK Mengulang dari D mendapatkan B dan 1 MTK Baru dengan Kredit 2 sks mendapatkan Nilai A.  Berapakah IPK yang akan diperoleh ? Hasilnya Lihat Gambar 3. di samping.

Happy counting ....

 
Copyright © 2014 Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan. All Rights Reserved.